wisata pulau kelapa

Mengenal Wisata Pulau Kelapa dan Daya Tariknya

Wisata Pulau Kelapa – Melakukan kunjungan ke tempat wisata Pulau Kelapa bisa menjadi sebuah destinasi yang menyenangkan. Pemandangannya sangat indah dan menjadi sebuah tujuan wisata yang punya banyak hal menarik. Belum lagi mengenai fasilitas yang ada sangatlah menarik. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut:

HTM dan Alamat Lokasi

Bagi yang ingin menuju Pulau Kelapa, maka harus menempuh perjalanan selama beberapa saat terlebih dahulu. Pulau Kelapa letaknya ada di kawasan Pulau Kelapa, di RT 02/RW 03, dengan Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, Ibu Kota Jakarta.

Tempat wisata ini buka pada jam delapan pagi. Harga tiket masuk ke dalam lokasi wisata hanya 5000 rupiah per orang. Namun, untuk menuju ke Pulau Kelapa, pengunjung harus naik kapal dari Pantai Ancol dengan biaya 200.000 rupiah – 250.000 rupiah.

Daya Tarik Pulau Kelapa

Apabila membicarakan tentang daya tarik wisata Pulau Kelapa, maka akan ada banyak hal yang bisa disebutkan. Pulau Kelapa terkenal dengan wisata baharinya karena wilayah ini merupakan wilayah perairan. Berikut ini daya tarik wisata yang bisa dicoba ketika berlibur ke Pulau Kelapa:

1. Snorkeling dan Diving

Panitia wisata Pulau Kelapa menyiapkan sebuah tujuan kegiatan wisata yaitu snorkeling dan diving. Dua kegiatan bawah laut ini, difasilitasi oleh pengelola tempat mulai dari pelampung hingga tabung gas oksigen serta baju renang. Pengunjung hanya perlu membayar biaya sewa seperlunya.

Banyak yang bisa dilihat di bawah laut. Pengunjung akan dibuat terpesona oleh macam macam anemon laut, ikan yang banyak, serta terumbu karang yang cantik. Selama perjalanan, pengunjung boleh memilih ingin dipandu atau tidak.

2. Island Hopping

Daya tarik wisata yang kedua dari Pulau Kelapa adalah Island Hopping. Kegiatan ini, juga merupakan kegiatan yang sangat rekomendasi untuk dicoba ketika berkunjung ke Pulau Kelapa. Kegiatan Island Hopping adalah kegiatan tour keliling pulau dengan perahu tradisional.

Pengunjung bisa menikmati suasana naik perahu santai sambil menikmati angin sepoi sepoi. Ada tiga pulau yakni bernama Pulau Bulat, Bira Besar, juga Pulau Perak. Ketiga pulau tersebut adalah pulau tanpa penghuni yang membuat suasana wisata jadi lebih damai dan tentram.

Baca juga : Wisata Lava Tour Merapi

3. Perahu Wisata

Daya tarik yang selanjutnya dari Pulau Kelapa, adalah perahu wisata. Secara garis besar, sebenarnya perahu wisata adalah kegiatan yang hampir sama dengan kegiatan Island Hopping. Namun, tentu ada beberapa aspek yang berbeda dari daya tarik yang sebelumnya.

Apabila Island Hopping dapat dilakukan kapan saja, maka tidak dengan perahu wisata. Kegiatan ini, dilakukan eksklusif di sore hari dengan gerakan perahu yang lebih lambat. Bertujuan menciptakan suasana yang romantis dan menyejukkan.

4. Wisata Edukasi

Tidak hanya menyediakan wisata bahari saja, Pulau Kelapa juga menyediakan wisata edukasi eksklusif untuk pengunjung yang mungkin tertarik mempelajari sisi lain pulau. Ada sebuah wisata edukasi yang menjelaskan tentang ekosistem hewan laut.

Ada pula tempat penangkaran budidaya kura kura yang bisa dikunjungi. Tempat ini menyediakan juga tour keliling yang sekaligus memberikan edukasi mengenai kura kura, jenisnya, dan caranya bertahan hidup. Tempat tempat penangkaran ini, dikelola oleh Pihak Taman Nasional Kepulauan Seribu secara langsung.

5. Sunset Eksklusif

Poin terakhir yang bisa menarik banyak wisatawan ke Pulau Kelapa, adalah sunset eksklusif. Bukan lagi sebuah cerita fiktif bahwa Pulau Kelapa memiliki sebuah pemandangan sunset eksklusif yang sangat cantik, jika dilihat secara langsung.

Pulau Kelapa menyediakan banyak pondokan kecil untuk menikmati sunset. Ada juga sebuah dermaga yang menghadap ke barat secara langsung, sehingga pemandangan matahari terbenam yang memancarkan sinar kemerahan bisa dilihat secara langsung.

Wisata Pulau Kelapa tidak hanya menyediakan hal hal di atas saja, masih ada banyak kuliner khas Pulau Kelapa yang harus dicoba. Belum lagi, fasilitas menarik lainnya yang bisa dicoba. Untuk itu, Pulau Kelapa masuk dalam jajaran wisata yang wajib dikunjungi.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top