usaha laundry kiloan

Peluang dan Tips Sukses Usaha Laundry Kiloan Yang Wajib Diketahui

Usaha laundry kiloan merupakan usaha yang bisa dijalani oleh siapa saja. Dengan modal sekitar jutaan, calon pengusaha sudah bisa menjalani usaha ini. Ada banyak hal yang harus diperhatikan agar usaha bisa berjalan lancar. Meski sudah menjamur, namun usaha ini tetap memiliki peluang.

Peluang Usaha Laundry Kiloan

Banyak orang mengira bahwa usaha laundry kiloan ini sudah sangat menjamur sehingga tampak sulit untuk memiliki pelanggan yang ramai. Usaha ini sudah ada di mana-mana, bahkan satu wilayah terdapat 2-3 yang menjalani usaha ini.

Padahal, peluang usaha ini tak hanya sekedar dari banyaknya pelaku usaha yang menjalani ini, namun lebih tepatnya adalah target market. Berikut terdapat dua target market yang merupakan peluang bagi pengusaha laundry kiloan, diantaranya:

1. Target Market Mahasiswa

Target market mahasiswa ini merupakan target market yang cukup bagus untuk dibidik. Selain mahasiswa biasanya sibuk dengan kegiatan kuliah dan organisasi sehingga tak punya waktu untuk mencuci pakaian, ada juga dari mereka yang memang malas atau tidak tahu bagaimana caranya mencuci pakaian sendiri, maka ini bisa menjadi peluang usaha.

2. Target market Pekerja Atau Karyawan

Target market  in juga tak kalah bagus untuk dibidik. Pasalnya, mereka adalah orang yang biasanya sangat sibuk dengan pekerjaan dan tak punya waktu untuk mencuci pakaian mereka, dan di saat libur mereka tak mau ribet dengan pekerjaan rumah, sehingga ini bisa menjadi peluang usaha juga.

Tentu setiap target market memiliki daya tariknya sendiri. Misalnya, mahasiswa lebih mempertimbangkan harga dan kualitas karena uang saku mereka yang pas-pasan namun terlalu sibuk dengan kegiatan kuliah dan organisasinya atau karyawan serta pekerja yang lebih mempertimbangkan ketepatan waktu dan kualitas pelayanan karena mereka sibuk dan segalanya harus tepat waktu.

Tips Sukses

Menjalankan usaha laundry kiloan ini tentu tak hanya serta merta melakukan saja, tetapi juga dibutuhkan strategi dan cara-cara tertentu agar usaha bisa berjalan dengan lancar, berikut tips menjalankan usaha laundry:

1. Lokasi Strategis

Ini merupakan salah satu inti usaha laundry ramai, yaitu dengan lokasi yang strategis sesuai lokasi target market. Jika yang ditarget adalah mahasiswa, carilah lokasi dekat dari kampus dan kos-kosan mahasiswa. Dengan begitu, pelanggan akan mudah menemukan tempat laundry dan bahkan bisa menjadi pelanggan tetap juga. Jika yang ditarget adalah pekerja atau karyawan, maka carilah lokasi yang tak jauh dari perkantoran dan kos-kosan karyawan. Sama seperti mahasiswa, mereka jadi menemukan tempat laundry yang dekat. Bahkan, mereka bisa menjadi pelanggan tetap.

2. Kualitas Pelayanan

Kualitas pelayanan juga harus diperhatikan agar pelanggan tetap nyaman menggunakan jasa usaha laundry ini dan tidak kabur. Sedangkan kualitas pelayanan seperti layanan yang ramah, sistem laundry yang memudahkan, ketepatan waktu, dan kualitas hasil laundry tentu haru bagus, seperti pakaian tidak lecek dan wangi.

Untuk membedakan dengan pelayanan usaha laundry lain, pelaku usaha bisa menerapkan antar jemput laundry gratis dengan jarak tertentu. Ini sangat membantu pelanggan, bisa juga dengan kemudahan berbagai sistem pembayaran. Selama ini usaha laundry hanya bisa dibayar cash, jika bisa menerapkan pembayaran transfer dan E-wallet maka  sangat bagus

3. Harga Yang Masuk Akal

Dalam menentukan harga jasa, yang harus diperhatikan adalah target market. Maksudnya, sesuaikanlah harga dengan target market yang dibidik. Jika mahasiswa, maka sesuaikan dengan kemampuan mahasiswa untuk membayar. Biasanya laundry di sekitar kos-kosan mahasiswa mencapai 6.000-7.000 rupiah per kilo nya.

Berbeda lagi jika target marketnya adalah pekerja, maka disesuaikan dengan kemampuan bayar mereka dengan kualitas pelayanan yang terbaik. Karena mereka mampu membayar lebih mahal dari para mahasiswa, kisaran harga laundry nya bisa sekitar 8.000-10.000 rupiah per kilo nya.

4. Pemasaran

Jangan lupakan pemasaran agar usaha laundry dikenal di lingkungan sekitar. Cara pemasaran yang bagus misalnya menyebarkan brosur ke kos-kos atau rumah sehingga mereka mengetahui bahwa ada laundry di dekat mereka. Tak hanya brosur, bisa juga dengan promosi melalui media sosial dengan membayar promosi iklan di akun publik daerah.

Tak hanya itu, jika target marketnya mahasiswa, bisa menjalankan promosi yang unik yang bisa menarik perhatian mereka. Misal dengan memakai kostum dan berkeliling ke lingkungan sekitar atau jika memiliki modal lebih, pelaku usaha bisa menjadi sponsor di acara-acara kampus atau kantor di dekat tempat usaha agar semakin dikenal.

Demikian peluang dan tips sukses usaha laundry kiloan yang bisa diterapkan. Semoga dengan mengetahui peluang dan tipsnya, calon pelaku usaha laundry bisa mengetahui apa yang harus disiapkan agar usaha berjalan lancar.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top