konversi emas ke rupiah

Urutan Langkah Konversi Emas ke Rupiah yang Bisa Dilakukan

Konversi Emas ke Rupiah – Saat akan menggunakan aset emas untuk investasi, tiap investor harus mengetahui dulu berapa harganya dalam rupiah. Patokan utama yang biasanya dipakai adalah emas internasional. Untuk melakukan konversi emas ke rupiah ini, diperlukan metode mendasar yang sangat sistematis untuk tiap langkahnya.

Bagi yang ingin melakukan konversi ini, maka harus paham dulu apa saja komponen yang perlu dilakukan. Pada pembahasan kali ini, akan diuraikan secara menyeluruh untuk urutan caranya. Penasaran bagaimana cara melakukan konversi emas internasional ke rupiah? Simak urutan langkahnya berikut ini:

Urutan Langkah Konversi Emas ke Rupiah yang Bisa Dilakukan

1. Pahami dulu Konsep Dasarnya

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memahami konsep dasarnya. Harga yang dipakai dalam emas internasional memakai patokan US dollar. Kemudian, untuk satuan beratnya memakai ukuran troy ounce. Dua komponen ini harus dipahami dengan baik sebelum melakukan perhitungan untuk konversinya.

2. Konversi Satuan Berat

Kemudian, langkah lanjutan yang bisa dilakukan adalah mengkonversi satuan berat troy ounce menjadi gram. Secara khusus, 1 troy ounce sama dengan nilai 31.1034768 gram. Jika kombinasi angka ini dipakai semua, maka akan rumit perhitungannya. Maka dari itu, pakai saja patokan 31,1 gram untuk memudahkan.

Patokan ini sudah tidak bisa diubah lagi. Setiap perhitungan pastinya akan memakai 31,3 gram. Maka dari itu, pastikan untuk memasukkan angkanya dengan tepat tanpa ada kesalahan. Jika satu angka saja salah, maka semua komponen perhitungannya juga akan terpengaruh dan nilai konversi tidak akan benar.

3. Konversikan Satuan Mata Uang

Lalu, konversikan juga satuan mata uang yang dipakai ke dalam nilai rupiah. Nilai tukar mata uang dari dollar ke rupiah tentu saja berubah-ubah dan tidak selalu sama. Maka dari itu, untuk mempermudah proses dan contoh perhitungan pakai saja nominal 9.300 IDR untuk setiap 1 USD yang akan dimanfaatkan.

Baca juga : Izin Tambang Emas Rakyat

Namun saat akan melakukan perhitungan asli, pastikan untuk menyesuaikan dengan nilai tukar mata uang yang ada sebenarnya. Angka 9.300 ini hanya sebagai contoh dan gambaran saja. Sedangkan untuk perhitungan aslinya, sesuaikan dengan yang ada dan masukkan ke dalam perhitungannya dengan benar.

4. Ubah Harga Emas Internasional ke USD/Gram

Cara konversi emas ke rupiah lanjutan yang bisa diaplikasikan adalah dengan mengubahnya menjadi USD/gram. Misalkan saat ini harga emas internasional adalah 1650,95 USD/troy ounce. Maka nominal ini harus diubah dulu menjadi gram dengan langkah pembagian. Angka 1650,96 ini harus dibagi dengan 31,1 agar hasilnya menjadi gram.

Melalui pembagian ini, maka hasil yang diperoleh adalah senilai 53,08 USD/gram. Jika harga emas internasional saat akan menghitung sudah berubah, maka prosesnya bisa mengikuti nominal yang ada. Namun, pastikan proses perhitungannya sudah sesuai dengan langkah yang dijelaskan secara mendetail ini.

5. Konversi ke Rupiah

Karena berdasarkan perhitungan di atas masih memakai USD, maka harus diubah juga ke dalam komponen rupiah. Langkah yang bisa dilakukan investor adalah dengan mengalikan nilai rupiah dengan hasil pada komponen ketiga. Secara khusus, kalikan 53,08 dengan nominal 9.300 secara langsung.

Hasil dari perhitungan tersebut adalah Rp 493.644/gram. Melalui langkah ini, maka sudah bisa dipastikan jika harga emas internasional yang sudah di konversi ke rupiah adalah Rp 493.644 untuk setiap gramnya. Perhitungan ini memang terkesan rumit. Namun jika saat memasukkan angkanya benar, maka hasilnya juga akan sesuai.

Itulah penjelasan mengenai cara konversi emas ke rupiah yang bisa diaplikasikan oleh investor. Dengan melakukan perhitungan tersebut, maka sudah bisa dipastikan jika penetapan harga yang dihasilkan akan memakai patokan rupiah. Karena sistem perhitungannya mendetail, maka pastikan untuk memahaminya secara mendalam.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top