aplikasi untuk menentukan arah parabola

Dapatkan Tayangan Jernih dengan Bantuan 7 Aplikasi untuk Menentukan Arah Parabola Berikut Ini

Aplikasi untuk Menentukan Arah Parabola – Televisi masih menjadi pilihan sarana hiburan bagi sebagian orang, tidak jarang juga yang berlangganan TV kabel untuk mendapatkan gelombang siaran. Memasang parabola TV kabel tidak bisa dilakukan sembarangan, jika arahnya salah maka kualitas siaran yang didapatkan tidak akan maksimal. Gunakan bantuan 7 aplikasi untuk menentukan arah parabola berikut ini agar tidak meleset:

7 Aplikasi untuk Menentukan Arah Parabola Berikut Ini

1. Satellite Pointer

Di urutan pertama ada Satellite Pointer, salah satu aplikasi untuk menentukan arah parabola yang menghadirkan fitur augmented reality. Cara menggunakannya sangat mudah, yakni cukup dengan mengarahkan smartphone ke langit lalu nantinya akan muncul daftar satelit yang bisa menjadi acuan arah parabola. Aplikasi ini pun cukup ringan karena hanya berukuran 10 MB.

2. DVB Finder

Selanjutnya ada DVB Finder, aplikasi yang sangat ringan karena hanya berukuran 3,4 MB namun tetap bisa diandalkan untuk menentukan arah parabola. DVB Finder dirancang untuk memudahkan penggunanya karena dilengkapi fitur untuk menghubungkan receiver ke smartphone, sehingga pengguna tidak perlu mengecek layar televisi untuk mengetahui kekuatan sinyal.

3. SatFinder

SatFinder merupakan salah satu aplikasi yang disenangi karena mempunyai fitur yang cukup lengkap, misalnya sudut azimuth, elevasi, lokasi, sudut LNB, dan augmented reality. Cara menggunakannya sangat mudah, pengguna cukup membuka aplikasi ini di dekat parabola, aktifkan fitur GPS, lalu arahkan smartphone ke langit.

Baca juga : Aplikasi Untuk Menghitung Kalori Makanan

Kinerja aplikasi ini akan lebih maksimal jika digunakan pada smartphone yang mendukung sensor kompas, nantinya hasil tracking akan keluar dalam bentuk grafis lewat Google Maps. Selain dalam bentuk grafis, SatFinder menyediakan pilihan tampilan data numerik yang dapat langsung dimasukkan ke dalam receiver.

4. Satellite Finder App – AR Dish

Berikutnya ada Satellite Finder App, aplikasi yang dapat melacak lokasi satelit dari seluruh dunia dan menentukan arah parabola dengan tampilan augmented reality dan peta. Aplikasi ini juga memberikan informasi sudut azimuth, elevasi, dan kemiringan LNB berdasarkan lokasi penggunanya. Satellite Finder App tetap dapat digunakan pada smartphone yang tidak dilengkapi sensor kompas karena memberikan representasi data grafis.

5. Look4Sat

Pilihan aplikasi untuk menentukan arah parabola selanjutnya adalah Look4Sat, aplikasi yang bisa melacak hingga 3.000 satelit yang ada di seluruh dunia. Dengan database sebanyak itu, Look4Sat dapat memberikan rekomendasi lokasi dan arah pemasangan parabola dengan optimal. Kelebihan aplikasi ini adalah kemampuannya untuk memprediksi lokasi dan lintasan satelit hingga 96 jam (4 hari) ke depan.

Baca juga : Aplikasi Edit Foto Efek

6. Satellite Director

Satellite Director adalah aplikasi yang juga menghadirkan fitur augmented reality dan dilengkapi sekitar 280 daftar satelit di database-nya. Meski tidak sebanyak aplikasi sebelumnya, aplikasi ini tetap mampu diandalkan penggunanya untuk mencari arah parabola yang paling sesuai. Tidak hanya arah parabola, Satellite Director juga dapat digunakan untuk mengetahui kekuatan sinyal, arah kompas, dan pelacakan lokasi melalui GPS.

7. Satellite Dish Pointer

Terakhir ada Satellite Dish Pointer, aplikasi yang menghadirkan tampilan sangat sederhana sehingga mudah digunakan bahkan pada smartphone dengan spesifikasi rendah. Meski demikian, database aplikasi ini tidak kalah saing, yakni mampu mendukung tampilan hingga 230 satelit di seluruh dunia. Kelebihan selanjutnya dari aplikasi ini adalah adanya mode kamera serta ukurannya pun sangat ringan, yakni hanya 1,4 MB.

Itulah 7 aplikasi untuk menentukan arah parabola yang bisa dijadikan alat bantu ketika ingin memasang layanan TV kabel di rumah. Semua aplikasi yang telah disebutkan tadi bisa didapatkan dari Play Store secara cuma-cuma. Meski ada beberapa aplikasi yang bisa beroperasi tanpa sensor kompas, aplikasi-aplikasi tadi tetap membutuhkan fitur GPS pada smartphone.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top