apa itu saham bluechip

Apa Itu Saham Bluechip? Berikut Jawabannya

Apa Itu Saham Bluechip – Saat akan melakukan investasi saham, maka komponen pilihannya akan ada banyak. ang matang. Hal ini diperlukan agar tidak hanya bias pada keuntungan tapi melupakan Saham ini juga memiliki jenis yang berbeda-beda. Jika berbicara tentang popularitas dan tingkatan keuntungannya, maka akan ada yang namanya saham blue chip. Lalu, apa itu saham bluechip jika dilihat dari definisi dan ciri-cirinya?

Hal ini pasti menjadi pertanyaan bagi investor yang belum memahami saham blue chip secara menyeluruh. Jika ingin mengetahui tentang komponen ini, maka harus memahami tentang seluk-beluknya secara mendetail. Agar tahu mengenai jawaban dari pertanyaan tersebut, simak semua uraian pembahasannya berikut ini:

Definisi Saham Blue Chip

Jika ada yang penasaran tentang apa itu saham bluechip, maka harus tahu dulu definisinya secara menyeluruh. Saham blue chip adalah salah satu jenis saham dari perusahaan yang memiliki popularitas atau reputasi tinggi. Selain itu, perusahaan dengan label saham bluechip juga memiliki pendapat yang stabil dan sering membagikan dividen-nya.

Perusahaan dengan saham blue chip juga dikenal dengan ketahanannya terhadap berbagai kondisi ekonomi dan bisa menjadi pemimpin pasar. Dengan memanfaatkan saham blue chip, maka investor bisa mendapat keuntungan yang stabil. Saham jenis ini sangat pas untuk dimanfaatkan sebagai aset investasi jangka panjang.

Baca juga : Konversi Emas ke Rupiah

Untuk daftar saham blue chip sendiri, ada beberapa perusahaan di dalamnya. Misalnya BBCA dari PT bank Central Asia Tbk, saham BBRI yang dimiliki PT Bank Rakyat Indonesia, hingga TLKM milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Tiga saham ini masuk dalam urutan pertama saham bluechip yang bisa dimanfaatkan.

Ciri-Ciri Saham Blue Chip dari Segala Aspeknya

Sebenarnya, daftar saham blue chip yang bisa dipakai sangatlah banyak. Semua deretan saham yang ada tentunya tidak bisa lepas dari komponen ciri-ciri yang ditemui. Saham blue chip memiliki beberapa ciri khusus yang mendasari keberadaannya. Untuk mengetahui apa saja cirinya, maka perhatikan penjabaran di bawah ini:

1. Komponen Harganya Cenderung Mahal

Ciri yang paling pertama adalah harga sahamnya yang mahal jika dibandingkan dengan saham lainnya. Hal ini tentunya wajar karena saham blue chip memberikan komponen keuntungan yang besar jika dipakai oleh investor. Maka dari itu, semakin mahal harganya maka semakin banyak pula investor yang tertarik untuk memiliki saham bluechip ini.

2. Sering Membagikan Dividen kepada Investor

Perusahaan dengan saham blue chip juga sering membagikan dividennya kepada investor. Hal ini dikarenakan pendapatnya selalu stabil, jadi bukan persoalan besar untuk sering memberikan bagian investor. Bahkan, nilai dividen ini akan terus naik secara signifikan karena tingkat kepercayaan investor semakin baik.

Baca juga : Izin Tambang Emas Rakyat

3. Kinerja Perusahaannya Baik di Aspek Keuangan

Jika dilihat dari sisi keuangan, perusahaan dengan saham blue chip biasanya memberikan kinerja yang baik. Hal ini tentunya bisa dijadikan poin plus lainnya dari perusahaan. Dengan adanya kinerja yang baik ini, maka komponen keuntungan dan pendapatannya bisa terus bertambah. Dampaknya, investor juga bisa mendapat banyak keuntungan.

4. Pemain Lama di Sektor Industri

Biasanya, perusahaan dengan saham blue chip adalah perusahaan-perusahaan lama yang namanya sudah besar. Banyak investor yang mempercayainya karena mampu bertahan untuk waktu yang lama. Dengan adanya kepercayaan ini, maka tingkat harga sahamnya juga akan melejit dan semakin banyak investor yang tertarik.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu saham bluechip beserta contoh dan ciri-cirinya. Dengan adanya penjabaran ini, maka tiap investor bisa memahami semua komponennya dengan baik. Jika ingin memilih saham jenis ini, maka harus dengan pertimbangan yang matang. Hal ini diperlukan agar tidak hanya bias pada keuntungan tapi melupakan analisisnya.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top